Anggaran Pilkada Ponorogo Dipangkas Rp7 Miliar

Ponorogo - Anggaran untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang sedianya dihelat pertengahan 2010 mendatang akhirnya "dipangkas" sebesar Rp7 miliar.

Seperti dikatakan Kepala Sub Bagian Umum Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo, Muhammad Kujeni, Jumat, kemampuan anggaran yang dimiliki pemerintah daerah saat ini dan disetujui oleh DPRD adalah sebesar Rp21 miliar.


Alokasi anggaran tersebut lebih kecil dibanding kebutuhan anggaran yang pernah diajukan KPUD sebelumnya dengan total pengajuan Rp28 miliar.

"Itupun (anggaran Rp21 miliar) akan digunakan untuk membiayai seluruh proses pilkada dengan estimasi dua putaran sekaligus," kata Kujeni.

Dia menjelaskan, ada beberapa pos pembiayaan kegiatan dalam proposal pengajuan anggaran pertama yang kemudian "dipangkas" oleh eksekutif.

Di antaranya biaya alat tulis kantor (ATK), pengadaan logistik, publikasi, sosialisasi, serta honor untuk petugas PPK, PPS, KPPS, dan PPDP.

Evaluasi atas proposal anggaran yang diajukan oleh KPUD Ponorogo itu, bahkan sempat dibahas bersama pihak legislatif sebelum akhirnya disetujui.

"Tapi soal berapa honor yang dikurangi, sampai saat ini belum diputuskan oleh KPU," katanya menambahkan.

Besarnya anggaran pilkada yang diajukan KPUD tersebut, sempat memicu perdebatan di masyarakat setempat. Penyebabnya, anggaran yang diajukan terlalu besar dan seperti kurang logis.

Saat hal itu dikonfirmasi sejumlah kalangan, termasuk sejumlah media, KPU terkesan kurang transparan.

Termasuk saat ANTARA menanyakan rincian total kebutuhan anggaran ke sekretariat KPU.

Saat itu, Sekretaris KPUD Ponorogo, Hadi Prayitno mengatakan, rancangan biaya pilkada yang dibuat KPU hanya sebatas menyebut kisi-kisi kebutuhan anggaran, tidak merinci dalam satuan angka secara spesifik.

"Wewenang anggaran itu ada di eksekutif. KPU hanya mengusulkan kebutuhan operasional dan logistik tanpa menyebut biaya secara spesifik," katanya, berdalih.

Anggaran Pilkada Ponorogo Dipangkas Rp7 Miliar

Anggaran Pilkada Ponorogo Dipangkas Rp7 Miliar ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers

3 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesukamu! Mau sopan, jorok karepmu asal di tanggung sendiri! Salam hangat
Yuda Taufiqurrahman
| Jidat Bukan Pahlawan