Ujian Nasional Sebagai Momok Pelajar




UAN..  Ya benar Ujian Ahir Nasional yang  akan dilaksanakan pada tanggal 20-24 April 2009 bagi SMA/MA, 27-30 April 2009 buat SMP/MTs, 11-13 Mei 2009 buat SD/MI, dan 20-22 April 2009 bagiSMK/SMALB coz yang di UAN kan cuma 3 mapel. Dengan ditetapkannya jadwal UN (berdasarkan kesepakatan bersama antara BSNP, Depdiknas, dan Depag), kontroversi tentang perlu tidaknya UN digelar yang selama ini mencuat ke permukaan, semua tidak akan mengurangi niat pemerintah buat hajat setiap tahunnya.
UAN yang sangat menakutkan, bagaimana tidak? menurut yang saya alami waktu ujian nasional SMP kemarin (2008/2009) kerja keras selama 3 tahun ditentukan dalam waktu3 hari. bagaimana kalau tidak lulus? mati aku?! betapa malumya aku?! betapa kecewanya orang tuaku?! Setiap hari berdo'a hanya minta kesehatan & Kelulusan. Nilai Standat Ujian nasional setiap tahun selalu naik. padahal menurut pengamatan proses pembelajaran, Kualitas pendidikan, kualitas guru, masih tetap & tidak ada kemajuan? apakah itu adil? apakah Ujian nasional masih layak untuk diterapkan? nilai standart dari sabang sampai merauke juda sama? bagaimanakah Proses ujian siswa siswi papua? di jakarta saja yang kota besar, masih banyak yang tidak lulus? bagaimana dengan anak desa? bagaimana dengan siswa yang miskin? kenyataan kegagalan kelulusan terbanyak terjadi pada sekolah bukan favorit atau sekolah orang kurang mampu? apakah adil kalau Standart nilai minimalnya sama? kesalahan siswa mengartikan ujian nasional!siswa tidak percaya diri/ menyontek waktu ujian. pdahal ujian nasional adalah sebagai tolak ukur perjuangan kita selama 3 tahun? tapi kenyataannya ujian nasional adalah sebagai momok yang ditakuti siswa. Setelah ada pengumuman kelulusan dan dinyatakan "LULUS" banyak yang dilakukan pelajar anak bangsa tersebut. yang biasa di lakukan adalah coret coret baju dengan pilok, konvoi konvoi.. banyak yang melanggar peraturan lalu lintas, tidak menggunakan helm, urakan, bleyer bleyer.. tuh malah ngrepoti, ngganggu masyarakat & pengguna jalan yang lainya. lain hal dengan yang dinyatakan "TIDAK LULUS" mereka menjadi murung , deprei, minum minuman keras, tidak jarang juga yang bunuh diri.
nih aku dulu suka nyontekk.....
yah itulah kenyataa perjalanan Ujian Nasional di Bangsa ini.. picture by gogling


Ujian Nasional Sebagai Momok Pelajar

Ujian Nasional Sebagai Momok Pelajar ditulis oleh
10/10 based on 10 ratings from 10 reviewers

4 comments:

  1. kebiasan bisa dirubahkan dat?

    ReplyDelete
  2. justru karena dianggap jadi momok itulah, banyak skul maupun siswa yg menjadikan berbagai alasan utk melakukan kecurangan

    ReplyDelete
  3. IYA KECURANGAN ITU PERLU BU.. SALAM KENAL

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesukamu! Mau sopan, jorok karepmu asal di tanggung sendiri! Salam hangat
Yuda Taufiqurrahman
| Jidat Bukan Pahlawan